Wednesday, June 18, 2008

FISH di kolam OpenSuse

Dalam pencarian saya tentang program setara WinSCP di openSuse10.3, dimana WinSCP adalah salah satu program OpenSource yang sangat powerfull untuk remote management file namun hanya dapat digunakan di environment Windows, saya menemukan sesuatu yg juga tidak kalah menarik dibandingkan WinSCP.

Buat sebagian orang mungkin ada yg baru tahu juga seperti saya. Karena manfaatnya yg sudah saya rasakan sangat membantu dalam memanage file secara remote dibandingkan semula saya harus menggunakan scp yang sifatnya CLI (Command Line Interface), maka fish sangatlah menghibur hati saya.

Pagi pengguna openSuse berbasis desktop KDE maka fish sudah terintegrasi dalam Konqueror tanpa harus diinstall. Sekian lama pakai KDE baru tahu ada utility yg sangat powerfull didalamnya. Lebih baik terlambat dari pada tidak tahu sama sekali. Untuk memakai fish cara nya sederhana cukup ikuti langkah2 berikut:

1. Buka Konqueror
2. Pada isian Location ketik fish://username@ip_address/path
Contoh:
fish://root@192.168.0.5/var
fish://root@192.168.0.5 --> masuk ke folder home dari username yg kita gunakan untuk login
3. Pada dialog login isikan password sesuai username yg kita akan gunakan ke host tersebut.4. Selamat, anda sudah berhasil konek ke remote host dan bebas untuk me-manage file dari remote sesuai dengan hak akses dari user yg kita gunakan saat konek.

No comments: