Friday, June 27, 2008

openSuse 10.3 Upgrade ke openSuse11 jadi Bisu

Hari ini saya melakukan upgrade dari openSuse 10.3 ke openSuse 11.0, awalnya dikarena openSuse 10.3 saya sering shutdown sendiri, setelah beberapa perubahan yg pernah saya lakukan terhadap settingan Java dalam system.

Setelah berhasil melakukan UPGRADE ke openSuse 11.0 dengan KDE 3.5.9, semua berfungsi normal, namun sayangnya saat coba amarok, suaranya tidak keluar. Wah, saya pikir bakal sepi neh tidak bisa denger musik. Berikut adalah tips sederhana untuk mengkonfigurasi sound, yaitu cukup masuk terminal sebagai root dan ketik perintah berikut:

#alsaconf

Selanjutnya ikut petunjuk pada screen, dan proses deteksi hardware pun akan segera menemukan hardware yg terinstall dalam PC/Laptop kita, dan setelah selesai, maka hasil test sound kita bisa dengar.

Wah syukur deh, laptop saya bisa nyanyi kembali :D

No comments: